Rabu, 03 Agustus 2022

Jenis Tanah Yang Baik, Lihat Berikut Ini !


Ketika kita ingin menanam, kenapa tanah kita kurang subur?...atau tanah sudah kita pupuk namun tanaman tidak kunjung subur atau berbuah. Berikut ini beberapa faktor kurang dari segi apa tanahn yang kita tanam.

1. Tanah kurang unsur hara/ mineralnya. Unsur hara secara umum ada 2 yang harus disediakan untuk tanaman yaitu unsur hara makro: Nitrogen (N), Phosphor (P), Kalium (K), Sulfur (S), Calcium (Ca), Magnesium (Mg). Unsur Mikro (dibutuhkan dalam jumlah sedikit): Klor (Cl), Zat besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Boron (B),Molibdenum (Mo) dll.

2. Tanah kurang asam atau bisa juga kurang basa. Artinya keadaan asam atau basa sama-sama dibutuhkan tanaman sesuai keadaan yang dibutuhkan tanaman.

3. Tanah kurang berpori. Artinya tanah baik untuk peresapan air dan pertukaran udara.

4. Tanah kurang remah. Artinya tanah yang tidak terlalu padat.

5. Tanah kurang natural. Artinya tanah sudah tercemar sampah, kandungan kimia berlebih yang meracuni tanaman, atau zat-zat berbahaya lainnya.

6. Tanah kurang memiliki suhu yang cukup. Artinya tanah dibutuhkan sesuai keadaan tanaman, misalnya tidak terlalu panas atau dingin.

7. Tanah kurang memiliki Kapasitas Tukar Elektron (KTK) yang baik. Artinya tanah juga memiliki kandungan listrik/ ion skala rendah yang dibutuhkan tanaman.


(Penulis: Juli, Penggiat Pertanian Lamtim, Mahasis wa Stibun Lampung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Jenis Anggur

  Dokumentasi buah anggur